Powered by Blogger.

mengatasi Overthinking

by - 20:01



Akhir tahun kemarin saya diberikan kesempatan oleh ibunda.id menjadi salah satu pembicara bersama mba Anissa yang juga seorang psikolog di acara "Overcome Overthinking" yang diadakan di Bandung.

Nah sekarang saya mau berbagi beberapa tips yang di dapatkan selama mengisi acara, bagaimana mengatasi overthinking. Siapa yang sering banget begini; sering banyak pikiran, ketakutan akan masa depan dan masa lalu sampai tidak menikmati hidup di masa sekarang ini? kita semua kayanya pernah ya begini.

ini menyiksa sekali memang kalau kepikiran terus akan sesuatu hal. Kita jadi ga konsen melakukan apapun. in many cases, overthinking is caused by a single emotion; Fear. karena kita terlalu fokus dengan ketakutan akan banyak hal yang sudah terjadi atau bahkan terjadi akhirnya secara tidak sadar itu memudahkan kita menjadi paralyzed dan ga bisa berpikiran dengan jernih.

Tapi saya tidak akan membahas lebih jauh tentang apa itu overthinking dan kenapa bisa terjadi, ya karena saya buka seorang psikolog. Disini saya akan berbagi tips mengatasi overthinking yang terbukti bisa membuat saya jauh lebih tenang pada akhirnya. 

Saya tuh kalau overthinking jadi ga bisa ngapa-ngapain, jadi ga konsen sama semua hal karena pikirannya kemana-mana akhirnya kualitas hidup saya sebagai manusia makin menurun dan wow efeknya ke banyak hal.

pada akhirnya saya menemukan beberapa cara yang ampuh ketika saya aplikasikan ke diri saya sendiri untuk mengatasi overthinking. saya share beberapa untuk kalian ya

1. TAKE A DEEP BREATH

ketika overthinking saya datang, biasanya saya selalu tarik nafas dalam-dalam, fokus ke nafas dan membiarkan oksigen masuk. Hal ini bikin lebih tenang sedikit dan bisa menghilangkan cemas yang tadinya mengambil alih pikiran saya.

2. TALK TO MYSELF

Biasanya jika kepala saya mulai penuh dengan berbagai macam pikiran, saya langsung ngobrol sama diri saya sendiri

"where am I? What do I want? kenapa bisa kepikiran?'

biasanya kalau sudah ngobrol dengan diri sendiri akan ketemu jawaban kenapa sih saya selalu mikirin hal yang sebetulnya ga perlu dipikirin banget entah karena sudah berlalu ada takut nanti kejadian di masa yang akan datang.

3. WRITE IT DOWN

Tulis semua macam pikiran yang ada di sebuah buku. Saya punya buku khusus untuk menuliskan hal apapun yang datang ketika overthinking saya mampir. Setelah itu lihat kembali dan observasi satu-satu kenapa bisa ada pikiran seperti itu.

4. DISTRACT YOURSELF

Jujur saja overthinking menyita banyak waktu, saya jadi tidak konsentrasi melakukan apapun. Salah satu cara yang saya lakukan kalau overthinking datang adalah mengalihkan perhatian saya dengan melakukan banyak hal seperti; membaca buku, mendengarkan musik, menulis, menonton film, ngobrol dengan kawan, memasak, melukis dan menggambar. Hal ini berhasil membuat saya tidak overthinking dan fokus dengan kegiatan yang saya lakukan.

5. SADAR DIRI

Menyadari bahwa diri sendiri ini adalah seorang manusia yang mempunyai keterbatasan dan tidak selalu bisa memikirkan banyak hal. Terkadang perlu beristirahat dan menikmati hidup. swadar diri bahwa saya tidak bisa menjadi pahlawan dengan berusaha menyelesaikan semua masalah. Dan sadar diri bahwa diri saya sendiri membutuhkan perhatian lebih dari masalah yang datang ke pikiran.

6. BELAJAR MINDFULLNESS

Saya belajar mindfullness dan ini sangat berguna sekali dalam menghadapi overthinking. Mindfullness adalah suatu sikap kesadaran penuh akan diri dan hal saat ini dan lebih fokus ke saat ini. Belajar mindfullness bikin saya jadi makin mengerti bahwa saya harus "hadir" di saat ini, bukan untuk hadir di masa lalu dan masa depan.

7. MEDITASI

Nah kalau yang ini adalah kesukaan saya. Sejak tahun lalu saya belajar meditasi. Belajar hening untuk mengetahui dan mengobservasi pikiran saya sendiri. Meditasi juga membuat saya lebih fokus dan tenang, meditasi juga membuat saya semakin mengerti jalan pikiran saya sendiri.

kurang lebih cara-cara diatas selalu saya aplikasikan ketika overthinking mulai menyerang dan membuat saya tidak nyaman. Semoga cara saya ini bisa membantu kalian juga ya dalam mengatasi overthingking. Sehat terus semuanya!


Salam.


Naajmi







You May Also Like

0 comments