Powered by Blogger.

RECIPE | Red Velvet Cupcake

by - 10:41




Kemarin pagi saya sedang asyik blogwalking ke blognya mba Hanna Siahaan. Ada satu tulisannya yang pada akhirnya bikin saya kepingin coba membuat cupcakes untuk pertama kalinya, jadi di tulisan tersebut menceritakan mba Hanna yang sedang berkunjung ke Amerika dan mencicipi kue kesukaannya -which is cupcakes- di 3 cupcakes shops berbeda yang terkenal banget di Amerika. Yang paling bikin saya penasaran karena salah satunya dia nyobain dari toko Georgetown cupcakes.

Nah buat yang belum tau Georgetown cupcakes, jadi toko ini adalah salah satu best-known cupcakes shop di Amerika yang didirikan oleh kakak beradik Katherine dan Sophie. Saya pribadi sih tau Georgetown cupcakes karena sering nonton acara reality shownya di tv. Seneng banget nontonnya deh, apalagi kalau udah lihat varian cupcakesnya duh ngiler banget. Semoga suatu saat bisa kesampaian mencicipi cupcakesnya langsung dari tokonya yaaa. Amin.

Selepas baca cerita mba Hanna, saya langsung kepikiran pengen bikin salah satu signature cupcakes nya Georgetown cupcakes yaitu Red Velvet Cupcakes. Langsung deh saya googling sana sini untuk cari resepnya, dan ketemu. 

saya praktekin hari itu juga, fyi, saya ga pernah bikin cupcakes sama sekali jadi di awal saya sudah mempersiapkan diri kalau hasilnya gagal. Tapi ternyata engga loh, malah berhasil jadi so far resepnya memang mudah dan hasilnya juga bagus; cupcakesnya lembut, teksturnya oke, rasa susu dan butternya berasa banget dan engga bikin eneg. Nah saya sudah siapin nih resep dan panduannya untuk Red Velvet Georgetown Cupcakes, yuk dilihat




Bahan bahan cake

- 12 sendok makan unsalted butter
- 1 1/4 cup gula pasir
- 2 butir telur
- 2 1/2 sendok makan coklat bubuk
- 4 sendok makan pewarna makanan warna merah
- 1 sendok teh vanilla ekstrak
- 1 sendok teh garam
- 3 1/4 cup tepung terigu
- 1 1/2 cup susu cair
- 1 1/2 sendok teh cuka apel
- 1 1/2 sendok teh baking soda

Bahan frosting cream:

- 6 oz cheese cream
- 4 sendok makan unsalted butter
- 1/4 sendok teh vanilla ekstrak
- gula halus (sesuai selera)

catatan:
disini saya menggunakan hitungan aslinya  yaitu cup dan oz, saya pribadi kurang begitu ngerti kalau diconvert ke gram atau ml jadi berapa. Saya menggunakan gelas ukur yang memang hitungannya ada cup dan OZ.


Cara membuat cake:

Mixer mentega dengan gula (kecepatan sedang) sekitar 3-5 menit untuk mendapatkan tekstur yang fluffy, turunkan kecepatan mixer ke paling rendah kemudian masukkan 2 telur.

Siapkan wadah, masukan coklat bubuk, pewarna makanan dan vanilla ekstrak. Aduk hingga rata. Kemudian masukan ke dalam adonan mentega tadi yang masih di mixer dengan kecepatan rendah.

di wadah terpisah campurkan garam dengan susu cair, lalu masukan kedalam adonan tadi bergantian dengan susu cair. Masih mixer dengan kecepatan rendah ya.

Siapkan wadah dan campurkan cuka apel bersama baking soda. Aduk. Masukan ke dalam adonan. Mixer hingga semua tercampur kemudian sisihkan. Panaskan oven 180 derajat celcius, masukan ke dalam loyang cupcakes dan oven selama kurang lebih 18 hingga 20 menit. kemudian keluarkan dan dinginkan pada suhu ruangan.


Cara membuat cream:

Masukan cream cheese dan unsalted butter kemudia mixer dengan kecepatan sedang ke tinggi hingga teksturnya fluffy. Turunkan kecepatan mixer ke rendah lalu masukan vanilla ekstrak dan gula halus sesuai selera hingga tercampur. Mixer dengan kecepatan tinggi selama 2 menit hingga mendapatkan cream yg lembut dan manis.

masukan crean ke dalam plastic piping bag yang sudah diberikan spuit pada ujungnya, kemudia hias cupcakes dengan cream. it's done and Voila! you'll have a delicious cupcakes





Selamat mencoba!

Regards,


Naaj

You May Also Like

0 comments