Powered by Blogger.

belajar ilmu baru selama pandemi

by - 14:35

Selama kurang lebih hampir setengah tahun 2020 ini saya habiskan di rumah. Mungkin kalianpun juga begitu, pandemi membuat kita tidak mempunyai pilihan lain kecuali menikmati hari dari rumah dan menjaga kesehatan. Sempat merasa bosan tapi akhirnya saya bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini.
Selama pandemi ini juga saya memutuskan untuk belajar kembali, dengan niat awal agar mengusir rasa bosan, tapi ternyata semakin saya belajar semakin saya memperkaya pengetahuan saya dan bisa mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari.

Saya memutuskan untuk mendalami nutrisi, makanan juga ayurveda. Nutrisi dan makanan saya pelajari dari kelas online yang saya ambil, sedangkan Ayurveda saya dapatkan dari private class yang diberikan seorang kawan karib saya yang juga seorang praktisi Ayurveda di Mumbai, India. Saya merasa jauh lebih produktif di masa pandemi ini dengan mendapatkan banyak ilmu dan mengaplikasikannya ke kehidupan saya juga keluarga. 

kenapa saya mengambil nutrisi dan makanan? karena saya mulai sadar pentingnya makan sehat yang bukan hanya sekadar enak, saya juga ingin memperhatikan kandungan kalori, saturated fatm sugar, dalts dan lain-lain dalam setiap masakan yang saya buat untuk keluarga. Saya juga belajar bahwa makanan yang bersih dan sehat bisa menjadi obat, saya belajar bahwa sayuran dan buah-buahan sangat penting dikonsumsi oleh tubuh kita. Saya belajar bahwa instan food, junk food, processed food dan makanan berlemak lainnya bisa menyebabkan penyakit jika dikonsumsi secara terus menerus, terkadang kita pengen sesuatu yang cepat untuk dimakan karena tidak aada waktu untuk memasak, hingga lalai memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya, nah dari kelas online yang saya ambil ini saya belajar untuk membaca kandungan nutrisi dan menghitungnya. Mengetahui makanan seperti apa yang baik untuk tubuh dan tidak. 

Kelas Ayurveda yang saya ambil pun, di dasari oleh keingin tahuan saya tentang makanan yang sehat pada awalnya. lalu kebetulan kawan saya yang juga seorang praktisi Ayurveda dan mengajar tentang Ayurveda pun menawarkan untuk membagi ilmunya ke saya. Setelah saya pelajari lebih dalam ternyata sungguh sangat menarik sekali Ayurveda ini, bukan hanya membahas tentang makanan tapi juga jenis tubuh manusia, olahraga seperti apa yang cocok sesuai jenis tubuh masing-masing, kegiatan pagi yang untuk saya ini sangat membantu saya sekali, kemudian juga membahas pengaruh warna baju untuk kestabilan mood, membahas hubungan makanan dengan kesehatan mental dan lain-lain, kalau boleh saya bilang, Ayurveda ini paket komplit tuntunan hidup agar jiwa, tubuh dan raga kita seimbang.

ada engga sih keuntungannya buat saya dan efeknya? ada. Saya menerapkan pola makan sehat untuk diri sendiri dan keluarga, saya juga mengikuti Ayurvedic morning routine, mulai mengerti tentang diri saya sendiri, mulai tahu tentang jenis tubuh saya dan treatment seperti apa yang harus saya lakukan agar semesta kecil saya seimbang. Hasilnya sekarang saya jauh lebih bahagia dan lebih tenang. 

untuk saya, mungkin pandemi ini menghadirkan berkah lain, yaitu membuat saya menuntut ilmu kembali. ilmu yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental saya, ilmu yang ingin saya bagikan ke kawan-kawan saya karena saya sudah merasakan manfaatnya sendiri, ilmu yang membuat saya mengerti esensi dari hidup ini, ilmu yang membuat saya merasa bahwa dengan makan sehat dan hidup sehat maka akan tercipta keseimbangan dalam diri kita.

kalau kalian, kegiatan bermanfaat apa yang kalian lakukan selama pandemi ini? boleh loh di share, saya akan senang hati membacanya. 



Regads,


Naaj





You May Also Like

0 comments