Powered by Blogger.

Memaknai dan menerima kehilangan

by - 13:03

 


Saya tuh belajar banyak selama 3 tahun ke belakang ini dan banyak kehilangan orang-orang terdekat saya. Yang paling memukul adalah kehilangan ibu dan kakak saya juga kucing peliharaan saya karena waktu mereka di dunia sudah habis dan sudah waktunya kembali menuju Tuhan dengan damai. 

Kehilangan kawan-kawan dekat pun juga saya alami. Dan akhirnya saya sibuk mencari kambing hitam untuk disalahkan selama 3 tahun terakhir. karena menurut saya sepertinya kehilangan yang saya alami memang dari faktor luar. Lama-lama lelah juga karena setiap kali saya mencari, saat itu pula saya makin jauh dari jawaban yang saya cari.

Saya ingat beberapa waktu lalu saya sedang duduk di balkon apartemen lantai 11 sambil menyesap kopi di pagi hari, memperhatikan jalanan dan jari jemari saya memegang erat rokok yang sesekali saya hisap juga hembuskan. Saat itu suara dari dalam diri saya bilang 

"eh, kadang segala sesuatu yang terjadi ga perlu dicari penyebabnya, diterima saja dan jalani. Manusia memang datang dan pergi, kamu kan tau itu sejak dulu. Semua orang mengalami kok."

sambil memperhatikan jalanan kota Jakarta yang sibuk, saya kemudian berpikir, betul juga, mereka yang ada di dalam kendaraan melaju cepat itupun juga pasti pernah meraskan kehilangan. Dan juga mungkin sebagian dari mereka sudah belajar bahwa segala kehilangan yang terjadi kadang ga perlu dicari jawabannya atau penyebabnya, karena hanya akan menghabiskan energi dan tenaga. Cukup diterima dan jalani. Ketika itu saya sadar terlalu fokus untuk mencari sebab dan menyalahkan orang lain atas kehilangan yang saya alami, akhirnya? stress dan depresi, engga fokus dengan masa kini, malah fokusnya ke masa lalu.

tentang kehilangan, saya pikir sangat wajar untuk kita, manusia mengalami kehilangan. Karena manusia datang silih berganti, ibarat kata semua manusia adalah pengembara termasuk kita sendiri. 

People come and go in our lives, leaving their mark in one way or another. Some are here to stay, while others are only passing through. It's a natural part of life, and it can be both beautiful and heartbreaking at the same time.

When someone comes into our life, they bring with them a unique set of experiences, perspectives, and qualities that enrich our own lives. We learn from them, laugh with them, and grow with them. But inevitably, some of these people will leave our lives, either by choice or circumstance.

When someone leaves, it can feel like a piece of us is missing. We may feel sadness, confusion, and even anger. But it's important to remember that every person who comes into our life is there for a reason. They may have fulfilled their purpose, taught us a lesson, or simply helped us through a difficult time.

It's also important to recognize that just because someone leaves, it doesn't mean they are gone forever. We may cross paths again in the future, or we may continue to hold them in our hearts as cherished memories.

Ultimately, the ebb and flow of people in our lives is a reminder to cherish every moment we have with those we love. We should never take anyone for granted, because we never know how long they will be with us.

So, to all the people who have come and gone in my lives, I thank you. Thank you for the joy, the laughter, the tears, and the memories. You have left your mark on me, and I am forever grateful.

Regards,


Naaj

You May Also Like

0 comments